Inilah Bulan yang Paling Tepat untuk Membeli Mobil

Coba sedikit luangkan waktu untuk cermati, dalam satu tahun tidak hanya harga sembako, harga jual mobil pun bisa cukup fluktuatif mengikuti kondisi pasar. Istilah seriusnya adalah disebabkan oleh demand and supply.
Lalu kapan waktu terbaik kita untuk membeli mobil?
Bulan apa yang terbaik untuk membeli mobil dengan harga paling murah?
Sori, sebelum itu yang perlu kamu tentukan adalah, ingin beli mobil baru atau bekas?


Mobil Bekas vs Mobil Baru, Tentukan Tujuan Kamu?

Jadi begini…
Sebelum hari raya Idul Fitri, membeli mobil ternyata merupakan nilai tersendiri dan kebanggaan bagi sebuah keluarga yang akan pulang ke kampung halaman, selain membeli mobil di fungsikan untuk menunjang pekerjaan ternyata juga sebagai sebuah reputasi dilingkungan kampung halaman. Setuju? 🙂
Jika kamu ingin membeli mobil baru sebaiknya 2-3 bulan sebelum lebaran, hal ini berfungsi untuk mempersiapkan kondisi mobil dan kesiapan dealer tentunya.
Jangan pernah membeli mobil menjelang H-7 atau seminggu sebelum hari H, karena bisa jadi tipe mobil yang kamu inginkan sudah habis stoknya.
Selain itu, yang tidak kalah penting adalah, proses surat-surat mobil akan selesai dalam waktu 2-3 bulan. Setelah proses pembelian, kamu juga berhak menerima plat nomor jalan sementara yang berlaku selama 30 hari.
Surat-surat adalah bagian terpenting bagi ketika kita berkendara, apalagi pada saat perjalanan mudik yang cukup jauh.
Meditations / Pixabay
Namun beda hal dengan yang ingin membeli mobil bekas, sebaiknya kamu membelinya setelah lebaran usai. Kenapa begitu?
Seperti sudah hukum alam, harga kendaraan khususnya mobil second, begitu biasa disebut, selalu turun usai Hari Raya/Lebaran.  Penurunan harga mobil ini menjadi magnet bagi peminat mobil bekas.
Bahkan kecenderungannya, banyak orang mulai melirik mobil bekas sebelum lebaran, namun tetap menahan diri untuk kemudian membeli setelah lebaran. Dan menurut saya itu CERDAS! 🙂
Faktor lain yang menyebabkan fenomena ini adalah, karena bulan Ramadhan berdekatan dengan masa libur dan tahun ajaran baru. Mayoritas masyarakat lebih memilih mempersiapkan kebutuhan lebaran, dan kebutuhan lain daripada membeli mobil.
Yakinlah! kalau kamu mencari mobil bekas idaman. Tahan dulu setelah lebaran, di bulan Agustus-September adalah waktu yang tepat untuk berburu mobil bekas idaman. 🙂
Kesimpulan bulan yang tepat untuk membeli mobil baru:
  1. Secara logika, sudah pasti setiap bulan setiap sales marketing mobil memiliki target. Di akhir bulan para sales yang belum mencapai target akan memberikan tawaran yang menarik.
  2. 2-3 bulan sebelum lebaran, selain demand kepemilikan mobil belum tinggi, kesiapan untuk surat-surat dan plat nomor lebih dapat diantisipasi.
  3. Akhir Tahun, selain mayoritas target sudah tercapai, para dealer akan banting harga untuk menghabiskan ‘stock produksi’ karena diawal tahun biasanya akan diluncurkan versi upgrade dari produknya.

Kesimpulan bulan yang tepat untuk membeli mobil bekas:
  1. 1-2 bulan setelah lebaran, tentunya demand kepemilikan mobil menurun drastis, dan para dealer mobil bekas ataupun perorangan lebih ‘rela’ melepas mobilnya dengan harga murah.
  2. Awal tahun menjadi menarik untuk hunting mobil bekas, karena para dealer ATPM tengah giat mempromosikan model atau produksi terbaru dari produknya. Alhasil fokus konsumen beralih ke pembelian mobil baru, sehingga tidak menutup kemungkinan mereka menjual mobilnya, nah disinilah peluang untuk mendapatkan harga murah muncul!
Semoga cukup jelas, dan silakan apabila ingin menambahkan, via kolom comments pada akhir artikel ini.
Nah, untuk kamu yang masih bingung menentukan beli mobil bekas atau baru?
dan bingung lebih baik bayarnya tunai atau kredit?
Silakan baca artikel: Mana yang Lebih Baik, Kredit Mobil Bekas Atau Kredit Mobil Baru?


Sesuaikan Dana dan Tipe Mobil

Yang paling penting dalam memilih mobil adalah harus sesuai dengan dana yang kamu miliki, kamu harus bisa mengukur kemampuan dan menahan diri.
Untuk keluarga kecil bisa saja membeli city car seperti Toyota Agya yang berkisar 100 hingga 150 juta atau Low Cost Green Car (LCGC) lainnya.
Apabila mempunyai dana lebih antara 150-200 jutaan bisa mempertimbangkan MPV seperti Toyota Avanza atau Honda Mobilio yang bisa memuat keluarga lebih besar dan belakangan sedang populer.
Biasanya (dari hasil browsing sana-sini) kecenderungan masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, membeli mobil keluarga berukuran kecil atau city car.

tpsdave / Pixabay
Di blog ini saya tidak akan membahas keunggulan teknisnya, namun dari sisi manfaat secara fungsinya. Di tengah macetnya Jakarta Raya, city car merupakan pilihan yang tepat, hemat dan biasanya dibeli untuk kebutuhan mengantar anak sekolah. Selain itu mobil kecil banyak dicari karena ukuran yang pas untuk masuk lahan parkir.
Sedangkan mobil sejuta umat atau Multiple Purpose Vehicle,  justru penjualannya begitu tinggi sebelum masuk Ramadhan karena untuk kebutuhan mudik lebaran.

http://blogfinansial.com/bulan-membeli-mobil/
Latest


EmoticonEmoticon